RUTE LOMBOK ONE DAY TOUR GILI TRAWANGAN MENO AIR

Posted on

RUTE LOMBOK ONE DAY TOUR GILI TRAWANGAN MENO AIR

rute lombok one day tour gili trawangan meno air

Pernah terbayang liburan ke Lombok ga ?

Kali ini saya mau cerita nih…. tentang Rute Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air. Kisah pengalaman saya dan temen untuk traveling ke Lombok. Lebih tepatnya ini terjadi sekitar 2 bulan yang lalu.

Waktu itu saya dan seorang temen, jadi kami hanya berdua saja, dapat promo tiket murah ke Lombok. Maklum, pasca gempa bumi di Lombok ada banyak promo untuk penerbangan ke sana.

Sesampainya di Lombok akhirnya kami browsing – browsing paket tour harian. Ini kami pikir bakalan lebih simple. Selanjutnya saya menemukan di google salah satu travel agent yang bernama TRAVELER CANTIK. Di website mereka ada belasan paket Lombok day tour.

Kami pun sibuk memilih – milih dan ketemu salah satu paket yang menurut kami menarik. Dari pengalaman itu, saya mau sharing tentang rutenya. Sebab saya rasa ini sangat menarik bagi para traveler di luaran sana. Oleh karena itu saya beri tajuk (:D bahasanya sok puitis, “tajuk” 😀 ) :

RUTE LOMBOK ONE DAY TOUR GILI TRAWANGAN MENO AIR

Saya mulai dari kedatangan saya bersama seorang teman di Lombok pada waktu larut malam. Karena kami dapat tiket promonya dengan jadwal landing di Lombok sudah malam, akhirnya kami putuskan menginap di sebuah hotel yang dekat bandara Lombok.

Pagi harinya pun kami sudah standby dan siap menjalankan rencana kami sebelumnya. Dengan bantuan dari TRAVELER CANTIK, pagi hari berikutnya kami sudah dijemput oleh tim mereka. Kami start dari hotel setelah breakfast dan check out dari hotel yang lokasinya dekat bandara tersebut.

Okay, sampai sini kebayang ya ? Kalau Anda datang ke Lombok malam – malam pun, tidak perlu khawatir. Karena memang ada hotel yang dekat bandara dan bisa kita gunakan untuk transit.

 

Rute Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air berikutnya adalah :

Kota Mataram :

Yups, untuk menuju jalur penyeberangan gili – gili tersebut, kita akan melewati ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Kota Mataram. Jarak tempuh dari sekitar bandara sampai kota Mataram ini kira – kira 45 menit. Meskipun mungkin tertarik untuk singgah di kota indah ini, saya sarankan untuk sementara lanjut dulu saja.

Sebab saat pagi hari adalah waktu terbaik untuk melihat keindahan pantai dan juga lautan.

 

Hutan Pusuk :

Selanjutnya rute yang kami pilih yaitu melalui jalur Hutan Pusuk. Sebagai informasi, sebenarnya ada dua jalur untuk menuju penyeberangan ke gili jika kita start dari Kota Mataram. Selain Hutan Pusuk ada juga jalan raya Senggigi.

Kami lebih memilihi jalur Hutan Pusuk di pagi hari atau saat berangkat karena biasanya akan lebih banyak monyet – monyet liar yang nongkrong di pinggir jalan hutan ini. Ini monyet liar beneran loh.

Jadinya, kita bisa singgah sejenak untuk foto – foto dengan monyet ini. Tenang saja, meskipun liar namun monyet di sini relatif jinak. Tentu Anda juga harus tetap waspada ya.

 

Dermaga Teluk Nara :

Rute tour berikutnya yang akan kita tuju adalah tempat penyeberang ke kawasan gili. Dan sebagai informasi, spot penyeberangan ke kawasan gili sebenarnya ada 3 yang terlihat. Saya bilang terlihat karena pada dasarnya dari sepanjang pantai di kawasan Lombok Utara kita bisa menyeberang dengan kapal – kapal nelayan.

Sedangkan yang saya bilang terlihat karena memang dari situlah penyeberangan untuk masyarakat umum serta wisatawan yang biasanya ada. Ketiga spot dermaga itu adalah Pelabuhan Bangsal, Dermaga Teluk Nara dan Teluk Kodek.

Kami lebih memilihi Teluk Nara karena memang relatif sudah tertata dan diperuntukkan sebagai penyeberangan wisata. Berbeda dengan Pelabuhan Bangsal yang untuk Public Boat dan relatif hanya antar 1 pulau saja yang akan diseberangi.

Sedangkan Teluk Kodek ini diperuntukkan untuk boat – boat wisata tertentu saja.

 

Gili Air :

Dengan menyeberang sekitar 25 menit dari Teluk Nara, kita sudah bisa sampai di kawasan perairan Gili Air. Ada beberapa spot menarik di sini. Saran saya, Anda bisa request ke tim TRAVELER CANTIK untuk ajak Anda ke Turtle Heaven spot. Lokasi ini relatif lebih sering dilalui penyu laut. Sehingga kita lebih mudah berjumpa dengan penyu saat kita snorkeling.

Meskipun demikian, jika Anda ingin istirahat dan bersantai ataupun main – main di pinggir pantai, Gili Air ini juga cocok untuk Anda. Pantainya berpasir putih dan air lautnya jernih.

Gili Meno :

Rute dari Lombok Day Tour ke Gili Trawangan plus Gili Meno dan Gili Air berikutnya adalah ke Gili Meno. Spot bagus di kawasan ini adalah spot patung yang ada di dasar laut. Hal ini jadi menarik karena spot ini cocok untuk selfie dan juga berenang – renang.

Selain itu, bagi Anda yang tertarik dengan keindahan kawasan hutan bakau ataupun danau air asin, kita juga bisa singgah di Danau Air Asin Gili Meno ini. Lokasinya tidak jauh dari bibir pantai Gili Meno bagian utara.

 

Gili Trawangan :

Rute berikutnya yang bisa akan kita lalui dalam program one day tour ini adalah Gili Trawangan. Pulau kecil yang lokasinya paling luar atau paling utara dari kawasan 3 gili. Jarak dari Gili Meno terbilang relatif dekat, sebab hanya sekitar 10 menit saja kita sudah bisa sampai.

Dengan luas sekitar 2 kilometer persegi, kita bisa memaksimalkan dari penjelajahan day tour di Gili Trawangan ini. Kita bisa sepeda dan keliling pulau, main paddling di pinggir pantai, lanjut snorkeling lagi ataupun hanya sekedar duduk di pinggir pantai sambil menikmati keindahan alam.

Dan jangan salah, saat kita menelusuri pedalaman Gili Trawangan ini, maka kita akan merasakan kearifan lokal dari penduduk Gili Trawangan ini. Dengan cara naik sepeda, kita menjelajah Desa Gili Indah dan melewati rumah – rumah penduduk dan juga homestay.

 

Bukit Malimbu :

Saat menjelang sore hari, kita harus sudah balik lagi ke Pulau Lombok. Sebab ombak di sana sudah mulai tinggi. Kita akan menyeberang balik menuju Dermaga Teluk Nara lagi.

Tujuan berikutnya dari program Lombok Day Tour ke Gili Trawangan plus Gili Meno dan Gili Air ini adalah Bukit Malimbu.

Spot menarik untuk foto – foto dengan background pemandangan jajaran 3 gili serta hamparan pohon kelapa di pinggir pantai.

 

Finish Point :

Rute berikutnya kita akan menuju finish point yang bisa berupa bandara Lombok atau hotel di sekitar Kota Mataram atau Senggigi.

KEREN KAN RUTENYA ?

Dan itulah tips dari saya untuk Rute Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air. Jika anda bingung – bingung dan ingin terima beres saja, mending Anda pesan paketnya ke https://www.travelercantik.com saja, okay 😀